Sabtu, 11 Januari 2014

Inilah Akibatnya bila Sering Mengganti Template Blog

3:57 PM

Inilah Akibatnya bila Sering Mengganti Template Blog
Hi, how are you? Udah lama gak update blog. Di bulan pertama tahun 2014 ini saya akan posting mengenai dampak negatif jika sering gonta-ganti template blog. Saya sempet males mau blogging lagi dikarenakan template blog ini tidak bisa diganti lagi, entah kenapa sampai sekarang saya belum menemukan solusinya. Udah tanya sana-sini tapi belum ada jawaban yang memuaskan. Sempat juga mau delete blog ini tapi sayang.. visitor blog ini udah terlanjur stabil dan traffic rank udah tembus di bawah 1 juta. Untuk mendapatkan hal itu bukanlah hal yang mudah, butuh waktu dan usaha yang tidak sedikit. Karena itulah saya terinspirasi untuk membuat artikel ini.
Template merupakan hal yang penting dalam website atau blog selain dari kualitas artikel atau blog itu sendiri. Semakin menarik template yang digunakan maka akan semakin puas pengunjung menjelajahi isi blog kita. Namun perlu diingat, jangan terlalu sering mengganti template blog Anda karena ada beberapa dampak negatifnya. Kenapa? Bukankah itu hanya sebuah template? Nah daripada Anda bertanya-tanya mari simak poin-poin berikut ini.

Akibat Buruk bila Sering Mengganti Template

1. Visitor Akan Menurun
Blog yang sering gonta-ganti template akan mengalami penurunan visitor secara perlahan. Mengapa? Apa hubungannya template dengan blog? Berikut alasannya.
- Robot pencari kebingungan dengan script baru
Robot pencari seperti Google, Yahoo dan lainnya akan mengalami kesulitan dalam mengindeks blog kita karena susunan script template kita berubah dari template sebelumnya. Hal ini akan berdampak pada penurunan visitor karena blog kita tidak lagi menempati pada halaman pertama hasil pencarian.
- Blog dalam kondisi 'tidak siap'
Bila Anda mengganti template blog otomatis posisi widget akan berantakan. Pengunjung akan melihat blog Anda dalam keadaan tidak siap. Hal itu akan menyebabkan para pengunjung akan pergi meninggalkan blog Anda. Perlu Anda ketahui bahwa durasi pengunjung yang singgah di blog kita akan menentukan reputasi blog kita juga.

2. Broken Link
Sering mengganti template blog juga akan menambah link rusak. Jika hal itu terjadi maka reputasi blog Anda di mata Google dan pengunjung akan jelek.

3. Alexa Traffic Rank Akan Menurun
Alexa Traffic Rank blog Anda perlahan akan membengkak jika sering mengganti template blog, apalagi jika template itu tidak memenuhi kriteria SEO. Seperti yang kita tahu untuk 'mengecilkan' Alexa Rank itu tidaklah mudah dan perlu usaha dan waktu yang cukup lama. Usaha yang selama ini telah kita lakukan untuk mengecilkan Alexa Rank akan menjadi sia-sia apabila ternyata angkanya membengkak.

4. Buang-Buang Waktu
Ketika Anda mengganti template yang baru, Anda akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuat blog Anda benar-benar dalam keadaan 'siap'. Lebih baik gunakan waktu Anda untuk melakukan blog walking, optimasi blog, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa alasan yang mungkin bisa jadi pertimbangan Anda untuk mengganti template. Mungkin masih banyak lagi dampaknya selain yang disebutkan di atas. Namun perlu dicatat lagi, kata "sering" yang saya maksud adalah jika Anda mengganti template sampai puluhan kali. Maksimal 2x saja sudah cukup apalagi jika blog Anda sudah sudah berumur lama.
Baiklah, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar yaa :)

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

7 comments:

  1. kalo sering edit template gimana bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. diusahakan pengeditan templatenya jangan terlalu banyak yg dirubah gan.. thanks udah mampir :)

      Hapus
  2. ya sih bener,gara gara tempalte y sering di rubah2 jadi pencariannya kebingungan.
    Kunjung balik gan http://adinsong-im.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Jadi gitu to kalau sering ganti template,.

    BalasHapus

 

© 2013 Aris Fajrianto. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top